Ciri-Ciri Pengidap Penyakit Polip Hidung yang Sudah Dijelaskan SehatQ.com

Ada banyak jenis penyakit yang bisa mengganggu kesehatan Anda, dan salah satunya adalah penyakit polip hidung. Polip merupakan benjolan yang tumbuh pada jaringan mukosa dan menggantung berbentuk anggur. Polip yang terletak di dalam hidung, keberadaannya dapat mengganggu pernapasan.


Oleh karena itu, jangan pernah menyepelekan penyakit yang satu ini. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya segera pergi ke dokter agar cepat ditangani. Namun, jika Anda belum terlalu paham dengan penyakit polip, simak daftar ciri-cirinya berikut ini.

Hidung Terasa Tersumbat
Saat awal-awal kemunculannya, polip yang terletak di dalam hidung hampir tidak memberikan gejala apapun. Akan tetapi, jika penyakit tersebut sudah mulai membesar, tanda-tanda yang paling umum Anda rasakan adalah hidung terasa tersumbat.


Polip akan tumbuh membesar dan menghalangi pernapasan. Hidung akan terasa tersumbat jika usia polip sudah melebihi 12 minggu.


Sering Bersin-Bersin
Ciri-ciri polip hidung yang kedua adalah sering mengalami bersin-bersin. Bersin-bersin tersebut bisa terjadi karena terdapat peradangan pada bagian lapisan hidung. Jika tanda-tanda ini Anda rasakan, maka harus segera diobati dengan pergi ke dokter untuk meminta resep obat.


Hidung Memproduksi Lendir yang Berlebihan
Hidung yang di dalamnya terdapat polip akan memproduksi lendir yang berlebihan. Dalam kondisi normal, produksi lendir yang dilakukan oleh hidung setidaknya 1 liter setiap harinya. Fungsi dari lendir tersebut adalah melembabkan saluran yang digunakan untuk bernapas.


Selain itu, lendir juga berfungsi sebagai penahan benda asing, virus, maupun bakteri yang dibawa oleh udara masuk ke dalam tubuh. Jadi, jika Anda mengalami polip, hidung Anda akan memproduksi lendir lebih dari 1 liter dan akibatnya hidung terasa berair.


Penciuman Semakin Menurun
Polip termasuk dalam daftar penyakit yang terjadi pada gangguan pernapasan. Jadi, tidak heran jika salah satu ciri-ciri dari penyakit polip adalah menurunnya indera penciuman. Hal tersebut sudah tentu terjadi karena polip penyumbat saluran pernapasan.


Saraf sensorik yang terdapat di dalam hidung akan sulit menerima rangsangan yang berasal dari luar. Oleh sebab itu, segala jenis bau yang terhirup oleh hidung sulit untuk terdeteksi.


Terdengar Dengkuran
Polip di dalam hidung tidak hanya mengganggu aktifitas Anda, akan tetapi juga mengganggu orang-orang yang berada di sekitar. Penyakit polip yang semakin membesar akan mengganggu sirkulasi udara dari luar ke dalam tubuh.


Langit-langit lunak yang terletak di dalam mulut dan tekak akan bergetar. Keadaan tersebut nantinya akan menimbulkan suara berupa dengkuran. Jika saluran pernapasan semakin menyempit, suara dengkuran akan terdengar semakin nyaring. Suara dengkuran ini tentu akan mengganggu orang lain.


Indera Perasa Mengalami Penurunan
Indera perasa dan indera penciuman, keduanya memiliki keterkaitan. Apabila Anda memiliki penyakit polip hidung, dapat dipastikan ketajaman dari indera perasa juga mengalami penurunan. Keadaan tersebut harus segera ditangani karena pastinya akan sangat mengganggu.


Kepala Terasa Sakit
Tanda-tanda lain yang muncul karena adanya polip di hidung adalah rasa sakit di bagian kepala. Rasa sakit tersebut terjadi ketika polip berhasil menyumbat rongga sinus hingga menyebabkan terjadinya infeksi.


Gejala dari polip memang hampir mirip dengan flu, namun bedanya terletak pada durasi penyakit tersebut. Flu dapat sembuh hanya dalam beberapa hari saja. Sedangkan polip bisa bertahan lama dan tidak bisa sembuh jika tidak diobati.


Sistem pernapasan merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa bernapas, manusia tidak akan bisa hidup. Daftar penyakit yang dapat menyerang saluran pernapasan salah satunya adalah polip. Jika ini terjadi, maka harus segera diobati agar sistem pernapasan tidak terganggu.

Postingan terkait: