Beberapa Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan Tubuh

Di Indonesia, Timun Suri akan mulai banyak ditemukan saat memasuki bulan suci Ramadhan. Selama bulan Ramadhan, banyak pedagang dadakan yang menjual timun atau melon di berbagai tempat. Jika dilihat dari bentuk daun, buah dan bijinya, timun suri berada di antara timun dan melon. Namun, mentimun suri lebih dekat dengan melon karena buahnya memiliki aroma yang harum saat matang.

 

Baik untuk Kesehatan Mata
Mentimun suri mengandung asam askorbat dan asam caffeic yang dapat menurunkan tingkat retensi air sehingga bengkak di sekitar mata dapat berkurang.

Selain itu, kandungan vitamin A dalam timun suri juga baik untuk menjaga penglihatan, pertumbuhan tubuh, fungsi kekebalan tubuh, dan kesehatan reproduksi.

Menghambat pertumbuhan bakteri
Kandungan alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid dalam mentimun suri dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dapat bermanfaat dalam memerangi bakteri penyebab penyakit, seperti Streptococcus sp. Namun, manfaat mentimun suri ini masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Mengurangi peradangan dalam tubuh
Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A diketahui bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Sebuah penelitian pada hewan juga mengungkapkan bahwa vitamin A dari mentimun suri dapat menjaga kesehatan jaringan pada organ yang mengalami peradangan kronis.

Sebagai sumber antioksidan
Dikutip dari Mayo Clinic, mentimun suri mengandung beberapa antioksidan, di antaranya vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Nah, vitamin C juga dikenal dengan manfaat sistem kekebalannya, dan beta karoten telah terbukti bermanfaat untuk penglihatan mata.

Kemudian, manfaat mentimun suri juga telah dinyatakan dalam sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists. Kandungannya menyebutkan bahwa setiap anggota buah yang berasal dari famili cucurbitaceae ini memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas di dalam tubuh. Seperti diketahui, radikal bebas dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh manusia yang dapat dicegah dengan antioksidan.

Mengandung zat anti kanker
Buah yang memiliki nama lain mentimun betik ini juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Menurut sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Scientific World Journal, para ilmuwan telah menemukan bahwa saponin dalam mentimun dapat membantu memblokir jalur sinyal yang penting untuk mencegah pembentukan sel kanker dan merusak metabolisme tubuh. 

Membantu menjaga kesehatan tulang
Manfaat mentimun suri selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat tersebut bisa didapatkan berkat kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya.

Kalsium diketahui tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, fungsi otot dan saraf, serta memperlancar aliran darah.

Sedangkan fosfor bermanfaat untuk meningkatkan energi, mengurangi nyeri otot setelah berolahraga, menyaring racun di ginjal, dan memelihara atau memperbaiki jaringan sel.


Mencegah anemia
Mentimun suri mengandung zat besi, sehingga konsumsinya dapat membantu mencegah anemia atau kelelahan. Hal ini karena zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Mentimun suri paling enak disajikan dengan buah-buahan lain dan sirup atau susu kental manis. Namun, sebaiknya jangan mencampur sirup dan susu kental manis terlalu banyak mengingat kandungan gulanya yang tinggi.

Jadi, jika Anda ingin berbuka puasa dengan minuman manis yang menggunakan campuran mentimun suri, sebaiknya hindari makanan atau minuman lain yang juga tinggi gula, agar asupan gula Anda tidak berlebihan.

Postingan terkait: