Ternyata Lego Bukan Hanya Mainan Biasa Lho! Ini dia Manfaat Lego Bagi Anak

Dunia anak-anak tidak jauh dari permainan. Di antara sekian banyak jenis permainan yang ada, orang tua harus pintar-pintar dalam memilih untuk anaknya. Dalam hal ini, pilihlah mainan edukatif yang dapat menjadi sarana belajar si kecil, yang dapat melatih ketangkasan, kreativitas, dan keterampilan interaksi sosialnya. Saat ini jenis lego ada banyak macam jenisnya, diantara yang paling populer adalah lego harry potter. Karena jenis series ini terbatas terutama karena terinspirasi dari karakter filmnya.

 

Bermain Lego dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.
Lego merupakan salah satu brand game buatan Denmark yang saat ini menjadi game favorit dan populer di kalangan anak-anak, bahkan orang dewasa. Tentu saja itu termasuk Anda bukan? Tapi tahukah Anda bahwa Lego bukan hanya permainan balok susun yang menyenangkan untuk anak-anak? Lego juga memiliki segudang manfaat yang dapat mendidik dan mengembangkan kecerdasan anak segala usia. Tanpa disadari ternyata banyak sekali nilai edukasi dan manfaat dari permainan Lego yang bisa diserap oleh anak-anak. 

 

Fokus dan konsentrasi
Membiasakan anak untuk fokus dan berkonsentrasi dalam masa aktifnya bukanlah hal yang mudah. Mainan lego bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian dan melatih kemampuan anak untuk fokus.


Pasalnya, untuk bermain Lego anak-anak harus membaca dan mengikuti petunjuk, mencari potongan-potongan yang dibutuhkan satu per satu, dan membangunnya dengan cermat dan hati-hati. Sehingga kemampuan anak untuk fokus dan berkonsentrasi dapat ditingkatkan dengan cara yang menyenangkan.

Peningkatan keterampilan motorik
Blok mainan Lego kecil dimainkan dengan tangan sehingga Anda dapat melatih tangan Anda dengan hati-hati dan teliti.


Anak itu juga menggunakan kekuatan tekanan yang berbeda untuk menempelkan balok. Hal ini akan dapat meningkatkan kemampuan motorik anak dan juga kekuatan jari-jari tangan.

Dorongan yang meningkat untuk bereksperimen dan melatih kesabaran
Anak-anak akan didorong untuk mencoba berbagai alternatif kombinasi untuk menciptakan bentuk yang diinginkan. Tentunya bangunan yang terbentuk seringkali tidak serta merta dibuat sesuai keinginan, bahkan terkadang roboh atau harus dibangun kembali.


Oleh karena itu, Lego bisa menjadi cara yang efektif untuk mendorong anak bereksperimen dan melatih kesabaran saat bermain. 

Peningkatan kemampuan spasial
Kemampuan spasial adalah kemampuan yang berkaitan dengan ruang bangunan. Anak yang memiliki kemampuan spasial tinggi akan mampu menghasilkan, mempertahankan, mengingat, dan mengubah gambar visual yang terstruktur dengan baik menggunakan imajinasinya.
Anak-anak dengan kemampuan spasial yang tinggi mampu membayangkan dengan baik konstruksi bangunan mainan Lego. Berdasarkan penelitian, kemampuan spasial dapat menjadi gambaran kemampuan anak dalam memahami sains, teknologi, teknik, dan matematika.

 

Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir lateral
Anak-anak yang menyukai permainan Lego dapat melatih keterampilan pemecahan masalah dan berpikir lateral. Anak akan berpikir kreatif sehingga dapat membuat bangunan yang diinginkan dengan menggunakan balok-balok Lego yang tersedia. Anak-anak juga akan mencari cara-cara kreatif agar bangunan yang mereka buat dapat dipertahankan (tidak roboh).

Banyak sekali manfaat bermain Lego untuk anak, bukan? Manfaat bermain Lego bisa didapatkan oleh anak Anda tanpa mereka sadari saat sedang bermain. Anak-anak hanya menganggap Lego sebagai mainan yang menyenangkan. Tak heran, anak-anak yang bermain Lego akan mengalami perkembangan kecerdasan yang lebih cepat dari sebelumnya. Secara berkala seiring dengan meningkatnya kemampuan, tambahkan permainan Lego dengan bentuk yang lebih bervariasi untuk melatih kreasi anak.

Postingan terkait: